Keberadaan Asperindo Sangat Membantu UMKM Sulut

Topiksulut.com,Manado-Keberadaan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) yang berada di Sulut, ternyata sangat membantu pemasaran dari para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal itu dikatakan Wakil Ketua Umum DPP Asprindo Sulut, Tekad Sokatno kepada wartawan dalam kegiatan Musyawarah Wilayah ke 6 Asperindo DPW Sulut di Grand Kawanua City, Rabu 10 November 2021.

“UMKM sudah terbukti menjadi penopang ekonomi daerah. Dalam beberapa tahun terakhir, UMKM ini sudah banyak menggunakan jasa pengiriman,” ungkapnya.

Dirinya mengharapkan agar UMKM harus selalu didorong untuk mengikuti permintaan pembeli. Artinya, pelaku usaha harus mengikuti kemajuan teknologi dalam hal memasarkan dan promosi produk.

“Penjualan produk dari UMKM ini akan dibantu oleh Asperindo. Namun yang menjadi kendala jika ada pelaku usaha tidak memiliki ijin usaha sehingga perlu diperhatikan instansi terkait. Sebab, produk tanpa ijin usaha akan rantan berhubungan dengan masalah hukum karena harus melalui karantina sebelum sampai ke tangan pembeli,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPW Asperindo Sulut periode 2017-2021, Julianus Marthem Patinggi mengatakan jika Asperindo sudah melakukan kerjasama dengan aparat hukum yakni kepolisian, bea cukai dan badan narkotika. Kerjasama ini bertujuan untuk menghindari agar tidak ada pengiriman barang yang melanggar hukum.

“Ternyata banyak barang terlarang yang masuk ke Sulut. Dan fungsi kami sebagai Asperindo adalah membantu proses pelacakan dari lokasi pengiriman hingga ke penerima,” tambahnya.

 

Source:

https://www.topiksulut.com/2021/11/10/keberadaan-asperindo-sangat-membantu-umkm-sulut/